pertemuan 16

Kasus Korupsi dan Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia

1. Berbagai Kasus Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di Indonesia
a. Pengertian Korupsi, Kolusi dan Nepotisme
Dalam UU No. 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme dijelaskan bahwa:
1) Korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidana korupsi
2) Kolusi adalah permufakatan atau kerjasama secara melawan hukum antar penyelenggara negara atau antara pemyelenggara negara dan pihak lain yang merugikan pihak lain, masyarakat, atau negara.
3) Nepotisme adalah setiap perbuatan penyelenggara negara secara melawan hukum yang menguntungkan keluarganya dan atau kroni-kroninya di atas kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.
b. Cirri-ciri Korupsi
1) Melibatkan lebih dari satu orang
2) Korupsi tidak hanya berlaku dikalangan pegawai negeri atau anggota birokrasi negara, korupsi juga terjadi di organisasi usaha swasta.
3) Korupsi dapat megembil bentuk menerima sogok,uang kopi, salam temple, uang semir, uang pelancar, baik dalam bentuk uang tunai atau benda.
4) Umumnya serba rahasia, kecuali sudah membudaya
5) Melibatkan elemen kewajiban dan keuntungan timbale balik yang tidak selalu berupa uang
6) Setiap tindakan korupsi selalu mengandung penipuan, biasanya pada badan publik atau masyarakat umum
7) Setiap perbuatan korupsi melanggar norma-norma tugas dan pertanggung jawaban dalam tatanan masyarakat.
8) Di bidang swasta, korupsi dapat berbentuk menerima pembayaran uang dan sebagainya, untuk membuka rahasia perusahaan tempat seseorang kerja, mengambil komisi yang seharusnya hak perusahaan.
c. Beberapa Contoh Kasus Korupsi

2. Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia
a. Upaya Mewujudkan Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN
Berbagai uapaya uapaya telah dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pemberantasan KKN, di antaranya dengan menyusun undang-undang yang berkaitan dengan anti korupsi antara lain sebagai berikut:
1) UU No. 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak korupsi
2) UU No. 30 Tahun 2002 tantang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
3) UU No. 28 Tahun 1999 tantang Penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas KKN
4) UU No. 71 Tahun 2000 tentang Tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pembangunan penghargaan dalam pemecahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi
5) UU No. 65 Tahun 1999 tantang tata cara pelaksanaan pemeriksaan kekayaan penyelenggaraan negara
Selain itu, pemerintah juga membentuk suatu komisi, yaitu Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggara Negara yang selanjutnya disebut “Komisi Pemeriksa”.
b. Komisi Pemeriksa Kekayaan Penyelenggara Negara
Komisi Pemeriksa merupakan lembaga independen (bebas) yang bertanggung jawab langsung kepada presiden selaku kepala negara. Adapun tugas dan wewenang Komisi Pemeriksa yang dianut di dalam UU No. 28 Tahun 1999 adalah sebagai berikut:
1) Melakukan pemantauan dan klarifikasi atas harta kekayaan penyelenggara negara
2) Meneliti laporan atau pengaduan masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, atau instansi pemerintah tentang dugaan tentang adanya korupsi, kolusi dan nepotisme dari para penyelenggara negara
3) Melakukan penyelidikan atas inisiatif sendiri mengenai harta kekayaan penyelenggara negara berdasrkan petuntuk tentang adanya korupsi, kolusi dan nepotisme terhadap penyelenggara yang bersangkutan
4) Mencari dan memperoleh bukti-bukti, menghadirkan saksi-saksi untuk penyelidikan penyelenggara negara yang diduga melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme atau meminta dokumen-dokumen dari pihak yang terkait dengan penyelidikan harta kekayaan penyelenggara negara tersebut.
5) Jika dianggap perlu, selain meminta bukti kepemilikan sebagian atau seluruh harta kekayaan penyelenggara negara yang diduga diperoleh dari korupsi, kolusi atau nepotisme selama menjabat sebagai penyelenggara negar, juga meminta pejabat yang berwenang membuktikan dengan dugaan tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s